Tuesday, September 10, 2013

Potensi Alam Sungai Lasolo Konawe utara


Jelajahsultra.com – Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara yang beribukota di Wanggudu, mempunyai topografi wilayah yang beragam, mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, pesisir, pegunungan hingga kepulauan. Kekayaan alam yang dimiliki kabupaten ini menjadi modal tersendiri pada sektor pariwisata.

Jika mendengar nama Konawe Utara tentunya terlintas nama pulau labengki, yang lebih dikenal dibanding destinasi lainnya. Berbicara tentang pariwisata, tentunya bukan hanya tentang laut, pantai, selam, gunung maupun wisata yang terkesan sudah umum. Menurut penulis, ada satu destinasi yang luput dari perhatian, yaitu potensi alam sungai lasolo.


Sungai lasolo mempunyai potensi alam yang bisa mendatangkan keuntungan bagi masyarakat setempat. Tempat ini bisa menjadi destinasi wisata sungai, dimana atraksi yang ditawarkan seperti naik rakit tradisional, lintas sungai menggunakan perahu karet, pengamatan satwa ditepian sungai, maupun sungai bisa dimanfaatkan sebagai spot pencucian alami kendaraan.

Masyarakat bisa menawarkan jasa tersebut, namun sebelum itu, persiapan harus sudah matang, dimana pemerintah atau perangkat desa telah menyiapkan standar fasilitas  dan standar keamanan untuk menjamin para wisatawan datang kesini.


Sungai Lasolo Konawe Utara

Kelebihan sungai ini terletak pada lebarnya dan dangkalnya sungai, walau ada beberapa spot yang tergolong dalam. Jika kita melihat lebih detail menggunakan google earth, perjalanan ke hulu sungai sangat jauh dan panjang, tentunya ini bisa dijadikan produk wisata minat khusus bagi para wisatawan.

Selain berpetualang, tentunya wisatawan suka dengan adanya edukasi dalam setiap perjaanannya. Dari hasil survey langsung disungai ini, kelayakan sungai ini sangat cocok untuk mereka yang suka dengan wisata minat khusus.  Air nya sangat jernih dan segar, ini merupakan indicator bahwa kondisi sungai hutan dikawasan ini masih sehat atau belum terjamah. Walaupun penebangan itu terjadi, mungkin hanya dugunakan seperlunya oleh masyarakat.


Jika sungai ini menjadi destinasi wisata, tentunya penambang pasir yang beroperasi disungai ini akan berpindah tempat atau bisa jadi mengganti profesi. Karena dengan adanya penambang pasir yang tetap beroperasi, lambat laun akan mengancam kontur tanah yang ada disekitar sungai, salah satunya adalah erosi sungai. Kita dengan mudah amati pergesekan sungai dari tahun ke tahun melalui google earth.

Dengan dijadikannnya salah satu destinasi wisata konawe utara, tentunya  secara tidak langsung akan menambah penghasilan ekonomi masyarakat setempat, dan sungai akan lebih terjaga jika dikelola dengan baik. Memang untuk menciptakan satu destinisi wisata tidak mudah dilakukan, butuh kerjasama dari berbagai pihak, terutama masyarakat setempat yang memang berada dalam area destinasi. cek videonya disini. Salam pariwisata.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post