Friday, September 20, 2013

Gua 19 sawapudo soropia

Jelajahsultra.com – Kabupaten konawe khususnya Kecamatan soropia mempunyai potensi wisata alam gua yang cukup besar. Karakter batuan kapur dipesisir laut saropia, menjadi asset alam yang dimiliki kabupaten konawe. Para penggiat alam sejak 1995 telah aktif menjelajahi dan mendata beberapa gua yang berpotensi di wilayah soropia. Sampai sekarang aktifitas pencarian gua gua baru masih sering dilakukan, baik personal maupun kelembagaan organisasi pencinta alam.

Artikel dibawah ini, akan menjelaskan salah satu peoses explorasi gua yang letaknya tidak jauh dari jalan poros sawapudo.
Awalnya kami mendapat informasi dari warga didesa sawapudo kecamatan Soropia tgl 1 september 2013. Letaknya didepan objek wisata bahari Bintang samudra. Gua itu belum pernah ada yang eksplore baik warga setempat, maupun penggiat alam, sejak hari itu Kami berniat untuk secepatnya mengeksplore gua tersebut.


seminggu kemudian tepatnya tgl 8 sept, pagi jam 10, setelah packing barang, Kami berangkat menuju soropia, kurang dari jam 11, tibalah kami didesa waworaha untuk beristirahat dan makan siang. Kemudian kami melakukan snorkeling menunggu sore, jam 2 siang kami meninggalkan desa waworaha menuju desa sawapudo. Karena jaraknya yang dekat, Kami menyempatkan waktu singgah ke tebing sawapudo, disana bertemu teman teman para penggiat alam dari berbagai organisasi yang sedang melakukan latihan pemanjatan tebing sawapudo.

Kurang jam 3 sore Kami dan yang lainnya menuju gua yang akan kami eksplore, karena gua tersebut belum pernah kami datangi, sehingga membutuhkan waktu lagi untuk mencari lokasi mulut gua, jarak terdekat dari gua yaitu pintu pertama bintang samudra, kurang lebih 30 M dari jalan poros. Mulut gua tersebut tertutup dengan pepohonan sehingga sulit ditemukan. Setelah gua kami temukan, Kami membagi tugas masing masing orang dan mulai untuk turun mengeksplore gua tersebut, tepat jam 15.00 satu per satu menuruni gua tersebut dengan jalur lintasan yang sudah dipasang.


Kondisi gua : mulut gua berdiameter 5 meter dengan bentuk memanjang, mempunyai teras dan lubang kecil. Kami memperkirakan gua ini mempunyai kedalaman 40-50 meter dan lebar 14 meter. Kami sepakat memberi nama gua ini Gua 19, karena kami kaluar dari gua ini pukul 19.00 PM. Baca selengkapnya disini.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post