Wisata Arung Jeram Kolaka Timur


Satu lagi potensi wisata arung jeram di sulawesi tenggara. setelah dibuka resmi arung jeram di kolaka utara, kolaka timur juga hadir dengan arung jeram yang lebih menantang, tepatnya di Kecamatan uesi kabupaten koaka timur. berbeda dengan arung jeram kolaka utara yang hanya berjarak 2 KM, Kolaka timur mempunyai potensi jarak tempuh mengarungi jeram sepanjang 25 KM.

wisata minat khusus yang satu ini, memang masih awam bagi masyarakat sulawesi tenggara, selain lokasi, kelayakan sungai juga jadi pertimbangan sulitnya membuka wisata arung jeram. hasil survey awal yang dilakukan tim Jelajah Sultra potensi arung jeram kolaka timur sangat besar. dari observasi lapangan sungai konawe eha ini masih tergolong sungai grade I. lebar sungai mencapai 15 - 60 meter dengan kedalaman 50 cm - 5 meter, jeram yang akan dilaluipun masih sangat aman, bagi para pemula.

Baca juga : 
Akses ke air terjun tetewa
Wisata Air Tejun Tetewa

Kelayakan lainnya ada pada akses kendaraan yang bisa sampai dibibir sungai, standar perahu karet yang dipakai rafting berurukuran besar dan bisa menampung 6 - 8 orang. Jadi faktor akses sangat penting dalam olahraga ini. Titik star dimulai dari air terjun tetewa  (218 mdpl) dan finish di desa uesi (143 mdpl), dengan jarak tempuh 25 KM dan diarungi selama seharian. 

Wisata Arung Jeram di Kolaka Timur bisa mendongkrak jumlah wisatawan di sultra dan lebih mengenalkan kabupaten kolaka timur di skala nasional. peluang besar ini, harus diambil alih pemerintah daerah, memperbaiki akses jalan mowewe - tetewa, melatih guide lokal khususnya pemandu rafting, menyediakan fasilitas rafting dan lain sebagainya. 

sangat disayangkan kalau potensi ini tidak dimanfaatkan dengan baik, air terjun tetewa dan rafting sungai konawe eha adalah aset berharga Kolaka Timur, kami membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak pemerintah setempat dalam memajukan destinasi wisata di Kolaka Timur.