Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Alam Danau Ubur Ubur Pulau Muna


Kabupaten Muna memang kaya akan pesona. Bukan hanya adat dan budaya, tempat wisata di Muna-pun menambah kekayaan Sulawesi Tenggara yang berada di garis khatulistiwa ini. 

Sulawesi, salah satu pulau yang terlintasi garis khatulistiwapun memiliki daya pikat luar biasa. Pulau yang kekayaan alamnya cukup besar ini merupakan salah satu pulau yang wajib dinikmati keindahan alamnya. Tempat ajaib yang cukup unik ada disini, namanya Danau Ubur-ubur napabale.

Bukan pantai bukan pula pegunungan, tempat ini merupakan danau yang memiliki keindahan yang membuat berdecak kagum siapa saja yang mengunjunginya. Danau ubur-ubur ini terletak di tengah hutan karst yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat darat dan laut. 

Lama perjalanan sekitar 1 sampai 2 jam dari ibukota Kabupaten Muna. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terbayar begitu melihat keindahan alam yang ada di Danau ini.

Danau Ubur ubur yang ditemukan oktober tahun 2016 ini, merupakan salah satu destinasi wisata yang patut diperhitungkan. Walaupun jumlah ubur uburnya relatif lebih sedikit dari danau ubur ubur yang ada di danau kakaban kalimantan timur, namun ubur ubur yang ada di danau ini layak untuk dikunjungi.

Ubur ubur ini termasuk jenis ubur ubur yang tidak menyengat, tubuh subur di dalam danau yang jaraknya tidak jauh dari laut. Rasa air danau yang payau dan segar, bisa membuat Anda betah berlama lama di sini. 

Dari atas danau, Anda bisa melihat langsung penampakan ubur ubur yang berada dipermukaan danau, dan untuk melihat lebih dekat Anda bisa menggunakan masker saat berenang. 

Dalam perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan yang unik, dari melewati danau napabale, melalui terowongan, melewati pulau pulau kecil, melihat dari atas moko putih dan moko hitam, pasir putih dan hutan yang masih perawan.

Akses ke danau ubur ubur ini memang membutuhkan perjuangan, sebelum tiba di lokasi Anda harus melewati tebing dan hutan timbun. Bagi Anda yang ingin kesini, sebaiknya jangan menggunakan celana jeans dan sandal, hal itu akan mempersulit pergerakan anda melewati medan. Dari garis pantai ke lokasi danau membutuhkan waktu selama 1 jam.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan melompat dari ketinggian di danau ini, karena dapat membunuh atau merusak habitat ubur ubur. jangan membuang sampah sepanjang jalan atau di area danau, hal ini juga bisa merusak kealamian danau.

Sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu yang memahami betul karakter medan, karena jalur tracking ke danau ini sangat beresiko tinggi dan jalurnya yang membingungkan. Anda bisa melihat jalur trackingnya disini