Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Kali Biru Buton Selatan

Beberapa bulan terakhir ini, para traveler sedang gencar-gencarnya mengunjungi suatu tempat diatas benteng  yang dinamai Kali biru Buton selatan. Para pengguna media sosial seperti  facebook, path dan instagram pun seakan berlomba-lomba meng-upload foto mereka ketika berada ditempat yang lagi hits ini. 

Mengapa dinamai kali biru? mungkin jika dilihat dari foto, sepintas tempatnya mirip kali biru kulon progo yang berada di jogjakarta. Kali biru versi buton selatan ini berada kurang lebih 50 KM dan butuh waktu kurang lebih dua jam jika mengendarai motor dari pusat kota baubau.

Kali biru ini berada di desa wawoangi kecamatan sampolawa kabupaten buton selatan, kita akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit, dengan kondisi jalanan menanjak yang bila tak kuat iman mungkin akan menyerah dipersimpangan. Apalagi jika turun hujan, jalanan akan becek dan licin.

Tapi Meskipun perjalanan membuat kaki kelelahan dan beberapa  kali terpleset, pakean basah karena keringatan, setelah sampai ditempat yang dituju, lelahmu akan terbayarkan. Dan sungguh, kerja keras tak pernah mengkhianati hasil. Kali biru versi buton selatan memang layak untuk dinikmati. 

Berada diketinggian dengan pemandangan yang luar biasa indahnya akan membuat matamu tak berkedip. hamparan lautan yang luas dan hijaunya pepohonan  merupakan latar tempat kekinian ini. sejuknya angin pun menjadikan kita betah berlama-lama berada disini. 

Selain disuguhkan dengan pemandangan yang indah, beberapa meter sebelum sampai, kita akan menemukan peninggalan - peninggalan zaman dulu, seperti meriam dan beberapa kuburan tua. Tak jauh dari itu, ada sebuah mesjid tua wawoangi yang memanggil untuk ditengok. Mungkin sebelum atau sesudah ke kalibiru, ada baiknya sempatkan waktu untuk mengunjunginya.

Penulis : Yuslia Jamil