5 alasan kamu harus ke wakatobi

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 2002, dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang; yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Wakatobi sendiri adalah singkatan dari nama pulau-pulau besar yang berada disana, yakni wangi-wangi, kaledupa, tomia, dan binongko. wakatobi juga punya nama lain, yakni kepulauan tukang besi. Masyarakat wakatobi dikenal sebagai tempat para pandai besi berasal. parang & pisau yang dibuat oleh pengrajin wakatobi terkenal kuat, tajam dan tahan karat. Mengapa anda wajib ke wakatobi? Ini alasannya.

1. Sebagai Pusat Penelitian Bawah Laut Dunia
Taman Laut Wakatobi, merupakan nama kawasan taman laut nasional yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wakatobi, di Provinsi Sulawesi Tenggara, yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 1996, dengan total area mencapai seluas 1,39 juta hektar. Taman Laut Nasional Wakatobi, selain sebagai surga di pusat terumbu karang dunia sekaligus merupakan objek wisata bahari untuk para penyelam dan banyak para traveler menjadikan wakatobi sebagai tujuan utamanya. Di kawasan ini, justru banyak sekali dijumpai keaneka ragaman hayati laut, baik skala sampai kondisi karang, yang menempati salah satu prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. dan saat ini, kawasan Taman Laut Nasional Wakatobi resmi menjadi pusat penelitian bawah laut dunia. itulah mengapa pusat penelitian bawah laut dunia

2. Merupakan Spesies Karang Dunia
Wakatobi dikenal sebagai tempat wisata yang memiliki keindahan alam bahari. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa di wakatobi, terdapat kekayaan terumbu karang yang melimpah, bahkan, 90 persen spesies karang dunia ada di sana.
3. Banyak Panorama Alam
Selain wisata laut, wakatobi juga mempunyai wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi seperti : Benteng Keraton Liya Togo, Mercusuar tua, telaga gua, Puncak Waginopo, Puncak Jamaraka, Hutan mangrove, Puncak Khayangan, Puncak Koncu Kapal Wali.
                   Wisata Bahari Pulau Labengki

4. Kulinernya Ajaib
makanan khas Wakatobi yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Kasuami adalah makanan pokok masyarakat Wakatobi, makanan yang dibuat dari singkong atau ubi kayu yang dimasak dan diparut lalu dibentuk seperti kerucut. Supaya kasuami bisa awet sampai dua minggu, kasuami harus dalam keadaan kering dan ini selalu dijadikan bekal para nelayan sebelum pergi melaut.
5. Kaya Budaya
Bulan September – November merupakan waktu ajang festival budaya di laksanakan. Beragam budaya dan kuliner masyarakat wakatobi akan disajikan disini. Beberapa diantaranya : Tari Lariangi, Tari Hebalia, Tari Sombo Bungkale, Tari Honari, Pesta adat Karia’a, Pesta Adat Safara, Tradisi Bose, Tari Mborira, Tari Sajo Wowine, Tari Sajo Moane, Tari Saride, Tari Balumpa. Sebelum travelling kesini, anda bisa cek dan ricek untuk tanggal pelaksanaan festival budaya. Ayo ke wakatobi.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Artikel Lainnya