Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akses Transportasi Ke Pulau Labengki

Cara ke Pulau Labengki

Cara ke Pulau Labengki - Secara geografis pulau labengki berada pada koordinat   3°28'8.93"S / 122°26'7.33"E atau kalau dari kendari, labengki berada di sebelah utara kota kendari. 

Labengki dimana?

Pulau Labengki adalah sebuah gugusan pulau yang berada di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Untuk bisa sampai ke pulau labengki, anda bisa melalui 3 jalur yaitu dari kota kendari, desa sawa, atau desa lasolo.

Dari ke 3 akses ini, semuanya bukan jalur umum, maksudnya jalur ke labengki bukan seperti jalur pulau pulau lainnya, yang kapalnya standby 24 jam dan beroprasi tiap hari (kapal reguler)

Kami sengaja membuat artikel ini, karena dari beberapa tulisan tentang pulau labengki yang Kami sajikan banyak mendapat respon, begitu juga dengan banyaknya pertanyaan melalui inbox Facebook, Instagram maupun whatsapp. 

Adapun Informasi Cara ke Pulau Labengki ini berdasarkan kebiasaan kami melakukan Open Trip Labengki. Berikut penjelasan 3 Akses Transportasi Ke Pulau Labengki.

Dari Kendari - Labengki

Jika akan ke pulau labengki anda harus mencari kapal sendiri sesuai muatan tim anda. kelebihan jika berangkat dari kendari, anda bisa memilih kapal sesuai kebutuhan dan harganyapun bisa dikondisikan. Biasanya kalau saya berangkat melalui via kendari harus sewa kapal yang besar, berkapasitas 60 orang, biar bayarnya lebih murah kalo di bagi 60 orang.

Harga kapal yang berkapasitas maksimal 60 orang bisa sampai 8 juta untuk 3 hari 2 malam, dan 5 juta untuk 2 hari 1 malam. Star dari pelabuhan kendari, waktu tempuh bisa sampai 5 jam dengan jarak 70 KM.

Ada kapal yang harga 4 jutaan dari kendari dan bisa ditempuh selama 3 jam lebih, cuma kapasitas kapal hanya sampai 15 orang dan ukuran kapal sangat kecil, pastinya tidak stabil dalam perjalanan.

Dari Pelabuhan Lasolo - Labengki

Lain halnya dengan akses melalui dari lasolo tepatnya dipelabuhan POLIARUT, bisa ditempuh selama 2 jam dengan jarak 34 KM. Tapi jika anda dari kendari anda harus ke lasolo dengan waktu 2 jam. harga kapal 1,5 juta hitungan sehari.

Dari Desa Sawa - labengki

dari semua akses, jalur dari sawa ini merupakan jalur terbaik menurut sy. kita bisa diuntungkan dengan efisiensi waktu. dari kendari ke desa sawa bisa di tempuh selama 1 jam lebih. dari sawa ke labengki bisa ditempuh selama 1 - 2 jam. semua tergantung kecepatan kapal dan cuaca. harga kapal berpariasi, sesuai kapasitasnya.

Lama perjalanan ditentukan dari kapal yang anda gunakan, jika menggunakan speedboad, perjalanan akan semakin singkat, bisa 30 menit atau 1 jam. 

Namun jumlah speedboad tidak sebanyak kapal tradisional, dan setiap kapasitas kapal speedboad relatif sedikit. Kelebihan kapal tradisional dapat ditumpangi 15-60 orang sekali trip.

Cara ke Pulau Labengki yang efektif juga ditentukan dari operator trip yang anda gunakan. Beda agen beda juga pilihan akses yang digunakan. Karena operator ke pulau labengki sangat banyak, dari perusahaan resmi maupun perorangan, baik yang berlokasi di Kota Kendari maupun dari luar kota kendari.