Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tingkatan Air Terjun Tumburano Wawonii Utara


Jelajahsultra.com – Kabupaten Konawe Kepulauan merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara, yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Konawe yang disahkan pada tahun 2013.

Konawe Kepulauan (KonKep) yang dikenal sebagai pulau kelapa, mempunyai kekayaan wisata alam yang patut di eksplorasi. Sebut saja Air Terjun Tumburano, yang sering menjadi perbincangan para traveler lokal untuk destinasi wisata air terjun khususnya di Sulawesi Tenggara.

Tidak hanya air terjun, Konawe Kepulauan juga mempunyai destinasi wisata alam menarik lainnya seperti, air terjun kopea, air terjun lanuku, air terjun ringkulele, sungai mosolo, pantai tengkera, pantai kampa, batu belah, permandian air panas dan masih banyak lagi destinas menarik lainnya.

Pesona Air Terjun Tumburano

Dari cerita masyarakat setempat, Air terjun ini memiliki legenda, dimana sepasang kekasih (Durubalewula dan Wulangkinokooti) yang tidak direstui oleh kedua orang tua mereka, kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka di air terjun ini.

Air Terjun Tumburano terbagi atas tiga tingkatan, dan tingkatan ke tiga inilah air terjun yang paling tinggi (80 M) dan bisa diakses. Untuk air terjun tingkat dua tinggi kurang lebih 15 meter, jika Anda ingin kesana, Anda harus memanjat melalui akar-akar pohon.

Tempat ini tidak direkomendasikan dikunjungi, karena faktor resiko. Sedangkan untuk air terjun tingkat pertama tingginya hanya sekitar 10 meter, di tingkat pertama ini sangat cocok kalau Anda ingin mengabadikan moment, karena hanya dari lokasi ini, ke tiga tingkatan air terjun ini bisa terlihat jelas.

1. Air Terjun Tumburano Tingkat Ke 1

Air Terjun tingkat pertama, mempunyai tinggi kurang lebih 10 meter dan lebar kolamnya sekitar 30 meter. Di tingkat  ini sangat cocok untuk lompat bebas atau free jumping. jangan kawatir, kolamnya lumayan dalam, saat kamu melompat, kaki kamu tidak akan menyentuh dasarnya.

2. Air Terjun Tumburano Tingkat Ke 2

Untuk tingkat ke dua, kolamnya di kelilingi batuan batuan dan dinding air terjun. disini juga lokasinya cukup aman untuk melompat dan tingginya kurang lebih 15 meter. namun akses untuk ke spot ini lumayan berat. karena harus memanjat dan berpegang diakar akar pohon.

3. Air Terjun Tumburano Tingkat Ke 3

Nah untuk air terjun tingkat ke tiga ini, adalah spot utama, dimana wisatawan umumnya langsung naik ke tingkat ini. tingginya kurang lebih 80-90 meter, dengan lebar kolam sekitar 50 meter. disini Kamu bisa berenang, melompat atau yang lebih extreme mencoba bermain canyoning, menuruni dinding air terjun dengan menggunakan tali.