Wisata Bahari Di Desa waworaha Soropia



Jalan berliku dan naik turun saat masuk ke desa waworaha kec.soropia kab.konawe, desa yang jarak tempuhnya 45 menit dari kota kendari ini, memiliki akses dan amenitas yang lumayan baik.
     Waworara sebuah desa kecil di jajaran pesisir pantai  bagian utara dari kota kendari, merupakan salah satu desa yang di jadikan daerah khusus konservasi kima dan terumbu karang yang membuat kita takjub akan berbagai bentuk warna yang mampu membuat decak kagum.
Biota laut seperti bunga-bunga karang dan  rumput laut bergerak  dengan lembut diterpa gelombang bahkan Lobster serta berbagai macam jenis ikan hias berbagai bentuk dan  warna melengkapi koleksi yang ada diperairan tersebut.


Baca juga :
Wisata Ke Pulau sombori

Pantai Senja
Akses Wisata

Sepertinya keindahannya  terlalu banyak untuk di ungkapkan, karena selama ini untuk mengunjungi sebuat area atau titik selam, banyak orang dari kota kendari yang hendak Bersnokeling dan Scuba diving, menuju wakatobi, bau-bau atau yang paling dekat ke pulau hari.
Para penyelam yang sudah berkunjung ketempat ini merasa tak pernah bosan dalam menikmati keindahan isi laut desa waworaha. Bagi mereka yang memiliki kamera anti air, tak jarang pesona isi laut tersebut di abadikan menjadi sebuah gambar.
Pengurus Samudra Diving Club yang menjadikan desa waworaha sebagai daerah konservasi bagi clubnya Muh. Syawal  menyebutkan, karena akses dan amenitas serta keindahan isi lautnya lah sangai bagus untuk para diver. Bahkan menurutnya lagi area konservasi yang ada di kec.soropia termasuk bagus untuk di kembangkan sebagai daerah tujuan wisata bahari.
Bagaimana dengan fasilitas yang ada di daerah tersebut? Menurut Syawal hal itu tidak merisaukan para wisatawan yang hendak berkunjung ke desa waworaha karena, masyarakatnya ramah tamah dan siap melayani para wisatawan yang berkunjung di daerahnya.
Sedangkan untuk fasilitas peralatan Snorkeling dan scuba, Samudra Diving Club menyediakan peralatan tersebut.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh salah satu pengelola konservasi kima di kec.soropia memang katanya,  selain di waworaha dan toil-toli masih ada tempat diving lain di di sekitar perairan waworaha seperti Goa Lobster dan Goa Hiu di batu gong, Samudra Cotage di Sawapudo, Tubir di Toronipa dan lainnya.
Tapi untuk pengenalan akan pesona dan keindahan laut, saya menganjurkan area konservasi di toil-toli dan waworaha ini ungkap Syawal pasti.
Sementara Ganda,  diver yang sudah menyelam beberapa kali di perairan tersebut, menyebutkan dari beberapa titik penyelaman, desa waworaha merupakan salah satu spot yang dekat dari kota kendari untuk para diver dan pemula yang hendak mengenal akan biota laut bisa menikmati  keindahan trumbu karang lunak dan keras dengan beraneka ragam bentuk dan warnanya plus berbagai jenis ikan-ikan karang yang mengitari mereka, yang jarang kita dapatkan   di sekitar perairan yang dekat dari kota kendari, akunya.
Anda seorang diver  atau ingin mengetahui laut dan isinya? Tak salah jika anda menjadikan desa waworaha yang relatif  dekat dari kota Kendari, sebagai tujuan wisata bahari yang akan datang.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Artikel Lainnya