Pulau Labengki, Komunitas Backpaker

Perencanaan :
Dua minggu lebih teman teman panitia dari Backpackers Kendari mempersiapkan acara tahun baru bersama dipulau hari (rencana awal). Dalam perkembangan kepanitiaan yang tiap dua hari dievaluasi, dengan beberapa pertimbangan, maka lokasi acara dipindahkan ke Pulau Labengki. Salah satu agenda terpenting dalam kagiatan ini adalah selam malam saat pelepasan tahun 2013 ke tahun 2014. 60 orang peserta yang turut serta dalam kegiatan, akan dibagi menjadi 2 tim dalam penyebrangan ke labengki, tim 1 berjumlah 15 orang berangkat dari desa toli toli menggunakan kapal konservasi kima toli toli kapasitas 3 ton dengan waktu tempuh 3 jam, dan tim 2 berjumlah 45 orang berangkat dari pelabuhan kota lama kendari menggunakan kapal penampung ikan yang berkapasitas 15 ton dengan waktu tempuh 5 jam. Waktu kegiatan akan berlangsung selama dua hari satu malam, mulai tanggal 31 desember s/d 01 januari 2014.
Perjalanan :
Tim 1 yang lebih dulu berangkat memulai perjalanan pada pukul 10.00 wita, jarak tempuh normal selama 3 jam, karena ada beberapa kendala dalam perjalanan sehingga waktu tiba telat sampai 3 jam, dari rencana tiba pukul 14.00 wita menjadi 16.00 wita. Tim 2 yang berangkat dari kota kendari memulai perjalanan pukul 12.25 wita. Karena keterlambatan berangkat, ditengah perjalanan kami dihambat oleh cuaca buruk berupa gelombang, hujan, kilat dan angin kencang, sehingga kapal menurunkan kecepatannya sampai cuaca kembali membaik. Sepanjang perjalanan kami hanya melihat pemandangan awan gelap dan hujan mengarah dari arah barat yang perlahan menghantam kapal membuat perjalanan semakin lama menjadi 6 jam. Magrib tepatnya pukul 18:30 wita kamipun sampai di pulau mauang dimana tempat yang akan menjadi lokasi kegiatan.
Shelter :
Pulau mauang berada disebelah tenggara dari labengki besar berada pada titik BT LS, panjang keliling pulau 00 KM dan pulau ini hanya di tinggali oleh 4 KK. Pulau ini dipilih menjadi lokasi kegiatan karena masih berada dalam kawasan penangkaran lobster Pak Habib. Panitia yang lebih dulu tiba, telah mempersiapkan 80% agenda acara. Satu per satu teman2 backpacker mulai melakukan aktivitasnya masing masing, mendirikan tenda, membuat perapian, memasang penerangan, dan untuk peserta wanita, panitia mempersiapkan 3 rumah untuk menjadi basecamp mereka. Menunggu makan malam, sy dan 9 orang lainnya mempersiapkan peralatan selam yang dikoordinatori oleh Arwan Ganda.

Kegiatan :
Setelah makan malam bersama pukul 22:00 wita, panitia dan anak backpacker lainnya duduk bersama untuk mendengarkan arahan panitia serta pengenalan gambaran umum tentang pulau labengki oleh Pak habib dilanjutkan shering antar panitia dan peserta lainnya. Masih dengan rencana awal, acara tahun baru akan dilaksanakan dibawah air tepat pukul 24:00 oleh 10 orang penyelam dikedalaman 8 meter, dengan agenda : penurunan lampu happy new year didasar laut, foto bersama dan salam salaman. Kegiatan ini diliput langsung oleh salah satu stasiun TV serta disaksikan oleh teman2 backpacker lainnya dari atas kapal. Pukul 22:45 kami memasang alat selam masing2, melakukan body check, penerangan, kemudian kembali mendengarkan instruksi dari Ganda. Pukul 23:10 kami melakukan doa bersama agar penyelaman dan acara ini bisa terlaksana seperti yang kami inginkan. Setelah berdoa kamipun turun dipermukaan laut mengarah ke tempat yang sudah disiapkan, jaraknya 20 meter dari home stay. kami menunggu waktu dan instruksi untuk turun. Pukul 23:40 satu per satu divers turun, mencari posisinya masing2 menunggu jam pergantian tahun. Setelah melihat lampu happy new year 2014 diturunkan oleh Cimo, pertanda selamat datang tahun baru 2014, kami menyelesaikan agenda acara dan kembali kepermukaan. Pukul 00.10 wita setelah bersih2 sy dan teman2 menghabiskan waktu duduk depan tenda, bermain gitar, sementara yang lainnya melakukan aktifitasnya sendiri, sebahagiannya lagi sudah tertidur pulas.

Rabu, 01 Januari 2014
Pagi dihari ini para backpacker kendari menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan labengki, antara lain : mengunjungi labengki kecil (perkampungan bajo), pulau2 kecil lainnya, belajar senorkling, belajar menyelam yang dipandu instruktur, dll hingga jam makan tiba. Pukul 14:00 semua backpacker kumpul untuk makan siang bersama, setelah makan siang, peserta dipersilahkan untuk packing barangnya masing2. Sebelum meninggalkan labengki, peserta berkumpul mendengarkan penyampaian panitia, hingga pukul 14:30 peserta dipersilahkan naik ke kapal dan berangkat pulang menuju kendari.

Sementara sy, rajim, sifur, pak habib, ardian cs, ganda cs masih sehari lagi tinggal dilabengki, setelah semua peserta pulang, kami kembali checklist peralatan dan perlengkapan selam dll memastikan tak ada yang terlupa oleh peserta. Pukul 15:00 kami pindah ke pos 1, yang berada didaratan labengki besar dan nginap disana.

Kamis, 02 Januari 2014
Pukul 07:00 kami menyempatkan waktu untuk melihat berbagai jenis karang di teluk cinta yang terletak dibelakang pos kami nginap. Pukul 10:00 kami diajak pak habib untuk menyelam dispot baru yang tak jauh dari pulau mauang. Sampai siang kami naik kemudian checklist alat dan packing semua peralatan dan kembali ke pos 1 untuk makan siang. Pukul 13:00 kami meninggalkan labengki menuju desa toli toli. Sejam perjalanan, kapal kami mengalami masalah, untungnya masih ada signal untuk menghubungi tehnisi kapal yang berada dilabengki untuk datang memperbaiki, setelah mesin sudah normal kembali pukul 16:00 perjalanan kami lanjutkan. Disekitar kecamatan sawa 5 km dari pinggir pantai kapal kami kembali mengalami masalah pada mesin, pak habib menghubungi tehnisi yg terdekat dari desa toli toli untuk datang memperbaiki mesin kapal. Kami menunggu dan kapalpun terombang ambing mengikuti angin mengarah ke selatan. Pukul 22:00 kapal kembali bisa difungsikan dan kami melanjutkan perjalanan. Sejam lamanya kamipun tiba juga didesa toli toli, disambut teman2 dari Mapala Unsultra yang datang menjemput. Pukul 23:20 setelah makan malam, kami pulang menuju kendari. 
untuk menonton videonya klik disini
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Artikel Lainnya