Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trip Ke Pulau Labengki Bersama Komunitas Backpacker Kendari


Jelajahsultra.com - Dua minggu lebih teman teman panitia dari Backpackers Kendari mempersiapkan acara tahun baru bersama dipulau hari (rencana awal).

 

Dalam perkembangan kepanitiaan yang tiap dua hari dievaluasi, dengan beberapa pertimbangan, maka lokasi acara dipindahkan ke Pulau Labengki. Salah satu agenda terpenting dalam kagiatan ini adalah melakukan pergantian tahun dibawah laut.

 

60 orang peserta yang turut serta dalam kegiatan, akan dibagi menjadi 2 tim dalam penyebrangan ke labengki, tim 1 berjumlah 15 orang berangkat dari desa toli toli menggunakan kapal konservasi kima toli toli kapasitas 3 ton dengan waktu tempuh 3 jam, dan tim 2 berjumlah 45 orang berangkat dari pelabuhan kota lama kendari menggunakan kapal penampung ikan yang berkapasitas 15 ton dengan waktu tempuh 5 jam.

 

Waktu kegiatan akan berlangsung selama dua hari satu malam, mulai tanggal 31 desember 2013 sampai 1 januari 2014.

 

Tim 1 yang lebih dulu berangkat memulai perjalanan pada pukul 10.00 wita, jarak tempuh normal selama 3 jam, karena ada beberapa kendala dalam perjalanan sehingga waktu tiba telat sampai 3 jam, dari rencana tiba pukul 14.00 wita menjadi 16.00 wita. Tim 2 yang berangkat dari kota kendari memulai perjalanan pukul 12.25 wita.

 

Karena keterlambatan berangkat, ditengah perjalanan kami dihambat oleh cuaca buruk berupa gelombang, hujan, kilat dan angin kencang, sehingga kapal menurunkan kecepatannya sampai cuaca kembali membaik.

 

Magrib tepatnya pukul 18:30 tim sampai di pulau mauang dimana tempat yang akan menjadi lokasi kegiatan.

 

Pulau mauang berada disebelah tenggara dari labengki besar dan pulau ini hanya ditinggali oleh 4 KK. Pulau mauang dipilih menjadi lokasi kegiatan karena masih sepi dari pemukiman masyarakat. Panitia yang lebih dulu tiba, telah mempersiapkan 80% agenda acara.

 

Satu per satu teman teman backpacker mulai melakukan aktivitasnya masing masing, mendirikan tenda, membuat perapian, memasang penerangan, dan memasak. Untuk peserta wanita, panitia mempersiapkan 3 rumah untuk menjadi basecamp mereka. Menunggu makan malam, tim mulai mempersiapkan peralatan selam yang dikoordinatori oleh Arwan Ganda.

 

Panitia dan anak backpacker mulai melakukan breafing untuk persiapan acara. Masih dengan rencana awal, acara tahun baru akan dilaksanakan dibawah air tepat pukul 24:00 oleh 10 orang penyelam di kedalaman 10 meter, dengan agenda penurunan spanduk didasar laut, foto bersama dan salam salaman.

 

Kegiatan ini diliput langsung oleh salah satu stasiun TV serta disaksikan oleh teman teman backpacker lainnya dari atas kapal. Pukul 22:45 tim mulai memasang alat selam, melakukan body check, persiapan penerangan, kemudian kembali mendengarkan instruksi dari Ganda.

 

Pukul 23:10 tim melakukan doa bersama agar penyelaman dan acara ini bisa terlaksana seperti yang kami inginkan. Setelah berdoa tim pun turun dipermukaan laut mengarah ke tempat yang sudah disiapkan, jaraknya 20 meter dari home stay.

 

Pukul 23:40 secara bersamaan penyelam mulai turun, mencari posisinya masing2 menunggu jam pergantian tahun. Setelah melihat lampu happy new year 2014 diturunkan oleh Cimo, pertanda selamat datang tahun baru 2014, kami menyelesaikan agenda acara dan kembali kepermukaan. Pukul 00.10 agenda tahun baru selesai.

 

Pagi dihari ini para backpacker kendari menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan pulau labengki, antara lain : mengunjungi labengki kecil (perkampungan bajo), pasir panjang, snorkling, belajar menyelam yang dipandu instruktur, dll hingga jam makan siang tiba. Setelah makan siang peserta trip dipersilahkan naik ke kapal dan berangkat pulang menuju kendari.