Berwisata ke Pulau Labengki



Perjalanan
Sabtu, 23 Nov 2013. kurang jam 7:00 pagi sy bangun dan langsung bersih2 dilanjutkan sarapan. Tepat jam 7:30 dengan menggunakan sepeda motor, kemudian sy menjemput Rajim dan Hera dirumah masing masing serta langsung berangkat menuju desa toli toli. Memang sebelumnya rencana perjalanan menuju pulau labengki sudah sy siapkan tiga hari sebelumnya. Tiba di desa toli toli pukul 08:45, jarak dari mandonga ke desa toli toli 16 KM, bisa ditempuh selama 40 menit, namum selama dijalan banyak mendapatkan masalah, sehingga perjalanan begitu lama. Setelah sampai dirumah penangkaran kima,  beserta kedua tamunya langsung mengajak ke kapal, untuk segera berangkat, semua packingan dan barang barang lainya sudah berada dikapal pukul 9:30 kamipun berangkat meninggalkan desa toli toli. Perjalanan ke pulau labengki memakan waktu selama 3 jam dengan jarak tempuh 48 KM dengan kecepatan kapal 17 km/jam, kalau arus gelombang laut besar, perjalanan bisa ditempuh selama 4 jam. Mendengar bising mesin kapal sambil menikmati perjalanan wisata bahari. Pukul 13.15 kami tiba dipulau labengki besar, sy dan yang lainnya menuju pulau jibran yang jaraknya kurang lebih 1,9 KM dari pos penangkaran kima. Hera turun menyelam, sementara sy, rajim, dan dua orang bule hanya snorkeling diatas permukaan karang pulau jibran. Setelah menikmati kehidupan karan, kami langsung ke pulau Labengki Kecil melihat langsung kehidupan suku bajo, mengelilingi pulau dan Menjelang sore kamipun ke kembali pos untuk bersihkan badan serta beristirahat sambil menikmati segelas kopi menunggu matahari terbenam.
 Danau
Add caption
Minggu, 24 Nov 2013. Pukul 06:15 pagi kami bangun, bersih2 dan sarapan pagi, mendengar arahan pak habib untuk  agenda hari ini, habib dan dua orang bule akan ke spot bukit dan ke teluk cinta, sementara sy, Rajim, Hera dan iwan akan mencoba mengeksplore danau di balik dari teluk cinta tersebut atau disebelah tenggara dari pulau labengki besar. Setelah tim sudah dibagi dan kapal telah siap, tepat pukul 09:00 kamipun langsung berangkat menuju lokasi pencarian. Untuk mempermudah pencarian danau, kami memanfaatkan GPS (Global Position Sistem) dan peta topografi. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 8 menit dari basecamp kami, dari bibir pantai kami mulai memanjat bukit kurang lebih tingginya 20 MDPL, setelah berada dipuncak bukit tersebut, tampak jelas warna biru danau. Perlahan lahan kami turun dengan sangat hati hati, karena sebagian besar batu yang ada dikawasan danau adalah batu kars yang sangat tajam. Tiba didanau tepatnya pada posisi BT 3°28'43.27"S dan LS 122°27'54.95"T sy mencoba mengeksplore danau dengan melakukan snorkeling dipinggir kawasan danau. panjang diameter danau sekitar 568 meter, rasa air payau, biota yang ada didalamnya berupa rumput, kerang dan sejenis ikan gabus, kedalaman danau kami perkirakan 10 s/d 20 meter, pas untuk diselami. Dua jam sy dan yang lainnya menikmati keindahan danau dan memberi makan roti ikan yang berada disekitar kami. Kondisi vegetasinya tergolong sangat rapat sehingga menyulitkan untuk dapat melihat utuh danau dari ketinggian, tapi hal tersebut bukanlah hal yang wajib karena dari sudutnya pun kami sudah merasa puas. Waktu sudah menunjukkan pukul 12:24 menit waktunya kembali ke basecamp untuk makan siang dan beristirahat. Menjelang sore hari kami kebukit letaknya tepat dibelakang basecamp untuk berfoto foto ria, menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Sebelum malam kami segera turun bersihkan badan dan mulai menyiapkan makan malam. Setelah makan malam selesai kami berdiskusi didepan rumah sampai waktunya beristirahat.


Pasir Panjang

Senin, 25 Nov 2013. Agenda hari ini telah selesai pagi setelah sarapan semua orang mulai mengemas barangnya masing masing, persiapan kembali ke kota kendari. Namun waktu untuk pulang masih beberapa jam lagi, sambil menunggu siang, kami ke salah satu spot snorkeling, namanya Pasir panjang yang artinya pasir yang melintang dan panjang. Jarak dari basecamp kurang lebih 5.5 KM dan dapat ditempuh sekitar 10 menit. Pasir panjang menawarkan pemandangan air yang luar biasa, ikan besar dapat kita jumpai saat melakukan snorkeling, selain itu pasir yang putih dan bersih merupakan daya tarik tersendiri bagi orang yang mengunjunginya. Keindahan alam yang ditawarkan oleh labengki sangatlah mahal harganya seakan menggoda untuk menikmatinya hingga tibanya malam.
Siang pukul 11:00 kami kembali ke basecamp, makan siang bersihkan badan dan pukul 11:30 kami semua meninggalkan Pulau labengki dan kembali ke kendari.

Catatan :
- 1. Jika anda ingin info ke pulau ini silahkan hubungi contact kami
  2. Sebaiknya anda memakai sepatu yang standar jika ingin melakukan hiking
      kebukit bukit yang ada. 
  3. Sebaiknya Siapkan sepatu boot, Fins dan masker jika anda ingin ke Danau. 
  4. Perjalanan yang baik selama 3 hari 2 malam.

Baca Juga :

untuk melihat Video silahkan klik disini
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Artikel Lainnya