Pulau labengki Konawe utara

Pulau labengki kecil

Jumat malam sy dan teman2 club dive menyusun rencana untuk weekend diawal bulan mey ini. Kami berencana mencari spot baru untuk penyelaman, kami mendapat informasi dari kak dian salah satu anggota club yg sebelumnya sudah pernah kesana. Pulau lebengki yang terletak kabupaten konawe utara Merupakan lokasi penyelaman yg masih alami, dimana lokasinya sangat jauh dan terpencil. Setelah selesai menentukan tempat, kami langsung packing alat dan belanja logistik malam itu juga. Semua beres kami pulang masing2 kerumah untuk beristirahat.

Sabtu 4 mey 2013
Jam 08.00 pagi, kami berkumpul dikantor samudra dive club, sambil menunggu yg lain datang kami  menyempatkan sarapan pagi dan cek ulang perlengkapan.Tepat pukul 09.00 kami berangkat ke toli toli soropia dimana tempat kapal ke pulau labengki. Kami berjumlah 14 orang, pas dengan muatan kapal ditambah 14 set perlengkapan selam dan barang2 lainnya. Pukul 09.40 tiba ditoli toli langsung mengangkat barang ke kapal dan pukul 10.00 kami berangkat menggunakan kapal kayu menuju labengki island. Lama perjalanan kurang lebih 3 jam. Dalam perjalan disiang yg terik, sy dan yg lainnya sangat menikmati keindahan alam dan kapal kami ditemani 2 ekor ikan lumba2. Pukul
13.00 kami singgah disalah satu pulau kecil untuk melakukan snorkling, kedalamannya hanya 4 meter dan hamparan terumbu karang tampak jelas dari atas kapal. Selain nahkoda kapal, semua turun untuk menikmati alam bawah laut, satu jam lebih kami berada diair (snorkling), tak terasa hari sudah akan sore, kami pun naik dan melanjutkan perjalanan.sekitar 10 menit tibalah kami ditempat tujuan. Dipondok kecil. Kami langsung naikkan barang2 bawaan dan segera bersih2, yg lain masih melanjutkan snorkling, mancing dan jalan2 dipasir putih pulau labengki. Pukul 17.00 beberapa teman mulai masak2 dan bakar ikan untuk makan malam nanti, setelah magrib kamipun makan bersama. Setelah makan dan istirahat, agenda malam minggupun dimulai, buatperapian dipantai, lingkaran damai, aroma kopi dan bercerita ria semua,, hmm weekend yg sempurna. Tak terasa hari makin mala, udara dingin dan ombak airlaut memaksa kami untuk segera beristirahat ,karena telah larut malam. Kuranglebih pukul 23.00 kami kembali ke pondok untuk beristirahat malam. Matikan lampu dan tiduuuuuuuuuuuur. #separuh ngorok

Minggu 5 mey 2013
Pukul 06.00 pagi, satu per satu anggotapun bangun, masing2 melakukan aktifitas bersih2 lalu sarapan sambil menikmati udara pagi dari atas rumah panggung, tampak jelas kelihatan cahaya matahari dari timur menyinari air laut,dan tampaklah isi dalam air. Tak menunggu lama kami pun langsung siapkan alat untuk melakukan snorkeling part II dan diving disekitar rumah panggung. Pukul 08.00 kami diarahkan untuk pindah ke lokasi lain karena Cahaya matahari mulai meninggi. Tempatnya tak jauh dari rumah pondok Kurang lebih 400 meter, dan kamipun sangat menikmatinya. Terumbu karang Yang sangat terjaga membuat ikan ikan betah untuk tinggal dikawasan ini, serta tempat ini jauh dari pemukiman desa, sehingga potensi alam bawah laut masih alami. Beberapa ikan khas sangat banyak kita jumpai saat melakukan snorkling, diantaranya ikan Lionfish, barakuda, hiu palu, nemo, napoleon dan banyak lagi. Inilah yang kadang ingin kami tinggal lama diair. Pukul 10.27 kami pindah dispot lain untuk melakukan Diving, jaraknya juga tidak begitu jauh, kurang lebih 500  meter dari lokasi snorkeling. Saya, Aje, kak Dian dan kak Ganda prepare to diving. Kami turun sampai kedalaman 15 meter dan mengeksplor kawasan tersebut serta mendata spot spot baru dan habitatnya. Sejam lamanya kami berada dibawah, kemudian naik dikedalaman 5 meter untuk melakukan latihan kecil, clean masker, open masker, lepas legulator. Butuh 10 menit dan naik ke permukaan (kapal). Ceklist peralatan dan kembali ke pondok. Tiba dipondok sy dan tim kembali ceklist alat dan membersihkannya, 12.30 pm, kami makan siang bersama.setelah itu, bersih2 dan packing barang siap tuk pulang. Tepat pukul 13.07 pm, kami meninggalkan pondok menuju toli toil, karena pada siang hari sangat berombak sehingga perjalanan semakin lama. Atur posisi tidur dan melewati perjalanan yang panas.
Pukul 16.25 pm, kami tiba di desa toli toli Kab Konawe. Langsung naikkan peralatan kemobil dan pulang menuju kendari. Tiba dikendari pukul, 18.05 pm, kami singgah makan di RM anu, sejam lamanya dan kembali ke kantor SDC untuk membersihkan alat, dan anggota yang lainpun balik kerumah masing2. Pukul 20.00 pm , sy, kak Dian, dan Kak Ganda setelah membersihkan alat juga langsung pulang rumah. #istrahat panjang dimulai.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Artikel Lainnya