Gua 19 sawapudo soropia

Awalnya kami mendapat informasi dari warga didesa sawapudo kec. Soropia tgl 1 sept 2013. Letaknya didepan objek wisata bintang samudra,, goa itu belum pernah ada yang eksplore baik warga setempat, maupun penggiat alam, sejak hari itu sy berniat untuk secepatnya mengeksplore goa tersebut, seminggu kemudian tepatnya tgl 8 sept, pagi jam 10, setelah packing2 sy bersama Ody, Rajim, Carli dan Ogy berangkat menuju soropia, kurang dari jam 11, tibalah kami didesa waworaha untuk beristirahat dan makan siang. Kemudian kami melakukan snorkeling menunggu sore, jam 2 siang kami meninggalkan desa waworaha menuju desa sawapudo, karena jaraknya yang dekat, sy menyempatkan waktu singgah ke tebing sawapudo, disana bertemu teman2 dari Mahiscita Stain Kendari dan Mapiara unhalu.
Kurang jam 3 sore saya dan yang lainnya menuju goa yang akan kami eksplore, karena goa tersebut belum pernah kami datangi, membutuhkan waktu lagi untuk mencari lokasi mulut goa, jarak terdekat dari goa yaitu pintu pertama bintang samudra, kurang lebih 30 M dari jalan poros. Mulut goa tersebut tertutup dengan pepohonan sehingga sulit ditemukan. Setelah goa kami dapatkan, sy membagi tugas masing2 orang dan mulai untuk turun mengeksplore goa tersebut, tepat jam 15.00 satu per satu menuruni goa tersebut dengan jalur lintasan yang sudah dipasang.
Kondisi goa : mulut goa berdiameter 5 meter dengan bentuk memanjang, mempunyai teras dan lubang kecil. Kami memperkirakan goa ini mempunyai kedalaman 40-50 meter dan lebar 14 meter. Sy dan teman2 sepakat memberi nama goa ini Goa 19, karena kami kaluar dari goa ini pukul 19.00 PM. Untuk teman2 yg berdomisili di kendari, jgn tunda lagi untuk berangkat ke goa ini. Sebaiknya kalau mau ketempat ini anda harus membawa alat penesuluran yang lebih.
Foto goa 






Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Artikel Lainnya