Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Teknis Lomba Napak Tilas


Penilaian juri dikenakan pada hal-hal dibawah ini:
1. Quisioner                : 50% nilainya 500
2. Ketepatan Waktu    : 30% nilainya 300
3. Kekompakan           : 20% nilainya 200
Total Nilai Maksimal yang dapat diperoleh suatu Tim adalah : 1.000 poin
Jumlah Pos yang akan dilewati sebanyak 7 pos termasuk pos finish.

1. Quisioner 
Yang dimaksud dengan quisioner disini adalah, setiap tim wajib mengisi pertanyaan – pertanyaan yang diberikan di setiap pos dan waktu yang diberikan untuk mengisi selama 5 menit dengan 10 pertanyaan disetiap pos.

2. Ketepatan Waktu
Yang dimaksud dengan ketepatan waktu adalah kemampuan setiap tim untuk menyesuaikan waktu tempuh tiap Pos dengan waktu tempuh yang dimiliki panitia. hasil waktu tempuh panitia diambil saat survey jalur lomba.

Selisih waktu tempuh peserta (baik kelebihan atau kekurangan) dengan waktu juri akan mengurangi nilai Ketepatan waktu peserta. Penilaian ini adalah penilaian yang sifatnya quantatif (statistic) sehingga tidak ada unsur Subjectif dari seorang juri. Waktu yang dihitung adalah: Waktu tempuh dari Start (pos1) ke Pos 2 / Pos 2 ke ke pos 3 / dan seterusnya.

3. Kekompakan.
Yang dimaksud kekompakan adalah keteraturan peserta saat melakukan perjalanan melintasi track yang ada. Juri menempatkan seorang Juri Disiplin secara acak di beberapa jedah pos. Disinilah terjadi Proses penilaian yang subjectif dimana Juri disiplin ini menilai setiap Tim yang lewat berdasarkan pengamatan pribadinya. Jadi pastikan Tim anda berbaris dengan baik, tidak buang sampah sembarangan, tidak merusak alam, Atribut seragam masih dipakai dengan baik dan lengkap, tidak berisik, ribut atau mengganggu peserta lain. 

Setelah semua data-data terkumpul, maka Tim Juri akan melakukan input ke komputer dengan menggunakan Program Exel sederhana. Perlu diketahui bahwa dalam kertas penilain tidak dicantumkan nama peserta, hanyalah nomor peserta sehingga saat melakukan input tim juri tidak mengetahui nama peserta yang sedang diinput. Data yang telah diinput akan dioleh secara otomatis dan akan  memunculkan Nilai Peserta.

Informasi Lainnya:
- interval waktu star peserta selama 5 - 10 menit dengan jumlah 10 tim perkloter
- tim medis (disetiap pos ada tim medis) unit ambulance 6 (3 stay dan 3 mobile)
- jalur evakuasi (jalur normal) menggunakan mobil hilux
- peserta tidak wajib membawa tenda dome
- logistic peserta ditanggung oleh panitia
- Peserta boleh menitipkan beban bawaan kepada official selama tidak menggagu jalannya kegiatan.
- tim yang kehilangan 1 anggota maka dinyatakan gugur (tidak dinilai) dan diperbolehkan mengikuti kegiatan sampai selesai.