Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Gua bangkudu Muna Barat

Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara  memiliki keindahan alam yang mempesona. Salah satu keindahan yang dimilikinya yakni hamparan pulau-pulau kecil yang tersebar di laut barat pulau muna.

Selain wisata bahari, Muna Barat juga memiliki wisata yang tak kalah menarik lainnya, seperti gua Bangkudu yang terletak di Desa Lalemba kecamatan Lawa.

Gua Bangkudu ini merupakan gua yang baru saja dipublikasikan Dinas Pariwisata Muna Barat melalui akun facebook Muhammad Yan Surya Pancana. 

Dihubungi melalui telephone Muhammad yan menjelaskan informasi awal didapatkan dari warga setempat sehingga tim dari Dinas Pariwisata Muna Barat turun ke lokasi melihat langsung kondisi gua tersebut.

"Ya kemarin kita sudah turun bersama tim Dispar Mubar dan melihat langsung potensi gua tersebut," ucapnya sabtu (26/3/2022). 

"Untuk perkembangannya, kita akan melalukan rapat koordinasi pihak pemerintah dan masyarakat setempat terkait pembuatan akses jalan menuju gua," tambahnya.

Mirip dengan gua bidadari yang berada di Buton Tengah, gua ini memiliki chamber yang cukup besar dan mempunyai lubang tepat diatas langit gua.

Medan gua bangkudu termasuk gua semi vertikal, memiliki mulut gua yang cukup besar, sehingga tidak perlu menunduk saat memasukinya. 

Akses ke gua ini sangat mudah, hanya berjarak 1 kilo meter dari pemukiman warga, dapat ditempuh selama 30 menit berjalan kaki. 

Kedepannya gua bangkudu ini akan menjadi destinasi andalan wisata minat khusus kabupaten Muna Barat dan menambah daftar destinasi wisata Muna Barat.