Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cahaya Surga Gua Bidadari Buton Tengah

Gua Bidadari Buton Tengah

Gua Bidadari merupakan salah satu dari puluhan gua di Buton Tengah yang terkenal karena keindahannya. Berlokasi di  Desa Wadiabero, Kecamatan Gu, di tengah bentangan daratan karst disisi timur Buton Tengah. (Koordinat 5°20'28.29" S / 122°36'30.59" E)

Wisata Buton Tengah memang terkenal akan gua berair, yang sangat jarang ditemukan di daerah lainnya di Sulawesi Tenggara. Tak heran jika warga setempat yang berada di kawasan gua, memanfaatkan gua-gua tersebut sebagai sumber air minum.

Gua bidadari yang kini mulai ramai dikunjungi para wisatawan mempunyai pesona alam yang menakjubkan. Bagaimana tidak, saat matahari berada diatas kepala, kamu akan melihat cahaya menerangi ruagan gua. 

Hamparan lumut menyelimuti dinding-dinding gua, membuat kealamian gua ini semakin menyatu, ditambah bias cahaya matahari yang masuk menjadi pemandangan yang amat menarik dan menunjukkan betapa agungnya karya Sang Maha Kuasa.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi gua bidadari adalah saat matahari berada tepat jam 12 sampai jam 1 siang.Saat cahaya mulai masuk melalui lubang yang berada diatap gua. 

Kamu bisa duduk di tengah ruangan gua ini dan mengabadikannya, fenomena langka ini memang tidak mudah ditemui di gua-gua lainnya. Karakter yang dimiliki gua ini mirip dengan gua berlian di pulau sombori Sulawesi Tengah dan gua jomblang di Jogjakarta.

Untuk memasuki Gua Bidadari ini, kamu tidak perlu memerlukan kemampuan teknik tali temali yang umum digunakan saat penelusuran gua, sehingga gua ini layak untuk dijadikan gua wisata. 

Keunikan lain gua ini, setelah kamu berada di dalam, kamu akan melihat dua kolam yang airnya sangat bening. Saat siang hari, kamu bisa berendam menikmati segarnya air gua bidadari.  

Akses ke gua bidadari masih tergolong mudah, dari jalan tani kamu bisa menyimpan kendaraan dan berjalan kaki sejauh 100 meter. Walaupun belum ada penunjuk jalan, kamu bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau meminta bantuan untuk mengantarkan kamu sampai ke mulut gua. 

Bagi kamu yang ingin kesini, kamu bisa melalui dua jalur, yakni dari pelabuhan wamengkoli dan dari pelabuhan raha Kabupaten muna. 

Jika dari pelabuhan feri Baubau, kamu menuju desa wadiabero sejauh 13 KM dengan waktu tempuh selama 23 menit. Dari pelabuhan raha, kamu bisa melalui jalur jalan poros raha – lombe sejauh 90 KM dengan waktu tempuh selama 2 jam 20 menit. 

Semoga informasi diatas dapat menjadi rujukan perjalananmu menemukan gua bidadari Buton Tengah.