Sunday, January 5, 2014

Wisata Bahari Di Desa waworaha Soropia

Jalan berliku dan naik turun saat masuk ke desa waworaha kec.soropia kab.konawe, desa yang jarak tempuhnya 45 menit dari kota kendari ini, memiliki akses yang cukup baik. Waworara sebuah desa kecil di jajaran pesisir pantai  bagian utara dari kota kendari, merupakan salah satu desa yang di jadikan daerah khusus konservasi kima dan terumbu karang yang membuat kita takjub akan berbagai bentuk warna yang mampu membuat decak kagum.

Desa Waworaha menawarkan wisata bahari bagi pencinta alam bawah laut. walaupun tempatnya kurang dikenal, namun potensi lautya bisa menjadi daya tarik tersendiri dan layak untuk di Eksplor. lokasi ini memang tidak sepopuler pulau hari, pantai toronipa apalagi wakatobi. bukan berarti suatu saat tempat ini bisa menjadi tujuan para diver sulawesi tenggara.


Baca juga :
Wisata Ke Pulau sombori
Pantai Senja
Akses Wisata

Tempat ini sangat cocok bagi para penyelam pemula, hanya kedalaman 5 - 15 meter kita sudah bisa menyaksikan hamparan karang dan biota laut lainnya. Para penyelam yang sudah berkunjung ketempat ini merasa tak pernah bosan dalam menikmati keindahan isi laut desa waworaha. Bagi mereka selain lokasinya mudah dijangkau dari kota kendari, spot ini sangat layak untuk dikunjungi saat mengisi hari libur akhir pekan.

Salah satu komunitas selam di kota kendari yaitu Samudra Diving Club, menjadikan desa waworaha ini sebagai spot latihan menyelam, hampir setiap minggu atau minimal sebulan sekali, komunitas ini datang menyalurkan hobinya.

Untuk potensinya, waworaha sangat bisa jika ingin dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata bahari. Masyarakatnya sangat ramah dalam melayani wisatawan yang berkunjung di disini. Hanya saja, memang harus melibatkan campur tangan pemerintah untuk kemudahan urusan birokrasi maupun terkai fasilitas umum yang sama sekali belum ada. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh salah satu pengelola konservasi kima di kec.soropia, mengatakan  selain desa waworaha dan desa toil-toli, masih ada lagi beberapa tempat diving di sekitar perairan soropia seperti spot Gua Lobster / Gua Hiu yang berada diperairan batu gong, spot samudra cottage di Sawapudo, spot Tubir di Toronipa dan masih banyak lagi spot lainnya yang belum dipublikasikan. Tapi untuk penyelam pemula, desa waworaha ini sudah cukup untuk dijadikan sebagai spot latihan penyelaman. 

Sementara Ganda,  diver yang sudah menyelam beberapa kali di perairan tersebut, menyebutkan dari beberapa titik penyelaman, desa waworaha merupakan salah satu spot yang dekat dari kota kendari untuk para diver dan pemula yang hendak mengenal akan biota laut bisa menikmati  keindahan treumbu karang lunak dan keras dengan beraneka ragam bentuk dan warnanya ditambah berbagai jenis ikan karang.

Jika Anda seorang diver atau ingin belajar menyelam, desa waworaha sangat direkomendasikan untuk para penyelam pemula. Aksesnya mudah dijangkau, tentunya tidak membutuhkan banyak biaya. 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post