Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musda VI DPD ASITA Sultra, Rahman Rahim Terpilih Jadi Ketua Periode 2021-2026

Jelajahsultra.com - Pengurus DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2021-2026 sukses digelar, Rabu (25/8/21).

Musyawarah Daerah (MUSDA) ke VI DPD ASITA Sulawesi Tenggara (Sultra) ini diadakan di Rumah Makan Kampung Wisata di Kota Kendari. 

Dalam pembukaan Musda, dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Dispar Sultra, Sekertaris Dinas Pariwisata Sultra, DPC Asita Sultra, Ketua DPC HPI Kota Knedari, Ketua GenPI Sultra dan anggota DPD ASITA Sultra. Acara ini juga turut hadir secara virtual, Ketua DPP ASITA Dr. N. Rusmiati, M.Si. dan Ketua DPC ASITA Wakatobi.

Ketua DPD ASITA Sultra periode 2021-2026 yang baru saja terpilih yakni Rahman Rahim mengatakan, Sulawesi Tenggara kaya akan potensi wisata alam dan budaya yang dapat menarik wisatan manca negara untuk datang ke Sultra.

"Kita kaya akan kekayaan potensi alam dan budaya, banyak potensi dari berbagai belahan dunia yang nantinya akan menjadi daya tarik wisatawan kesini," ucap Rahman.

"Akan tetapi kita tidak bisa menggali potensi ini, kalau kita tidak bisa mengelola atau kemudian tidak bisa mempromosikan  bahkan tidak mampu menjualnya tanpa adanya kerjasama yang baik," tambahnya. 

Seluruh agen pariwisata sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Dari menurunnya jumlah wisatawan dan penurunan penjualan tiket. 

Rahman Rahim juga menghimbau agar travel agen untuk tidak ikut berputus asa dalam menjalankan bisnis travel ini. Pentingnya kolaborasi dapat memperkuat kembali usaha kita walaupun kondisi pandemi belum berakhir.

"Pariwisata tidak akan berkembang tanpa adanya kolaborasi, dikarenakan pariwisata ini multi dimensi, multi sektor. Sehingga semua dimensi dan sektor yang terlibat dalam pariwisata harus turut serta berperan” ucapnya.

“Mari kita bersaing dengan cara yang professional dan berkopeten, serta selalu meningkatkan mutu dari produk yang kita miliki,” tutupnya.

Perlu diketahui, Rahman Rahim adalah Ketua DPD ASITA Sultra periode 2016-2021 yang telah demisioner dan kembali terpilih menjadi Ketua dalam Musda DPD ASITA ke VI yang baru saja dilaksanakan.

Penulis: Linto