Friday, March 20, 2020

Cara Mudah Membunuh Virus corona di Rumah


Lemari dapur Anda mungkin sudah dibersihkan oleh pembersih yang dapat membunuh virus corona, tetapi tidak semua bahan kimia akan bekerja, dan tidak ada yang selembut kulit Anda sebagai pembersih tangan komersial, menurut para ahli Rutgers University.

Siobain Duffy , Associate Professor ekologi dengan keahlian dalam virus yang muncul dan evolusi mikroba, dan Profesor Donald Schaffner, spesialis ekstensi dalam ilmu pangan dengan keahlian dalam penilaian risiko mikroba dan cuci tangan, menawarkan beberapa tips berikut ini untuk membersihkan dan membunuh virus yang disebabkan COVID-19 dan penyakit mematikan lainnya.

"Tidak banyak penelitian ilmiah yang menanyakan bahan kimia mana yang paling efektif untuk digunakan melawan virus yang disebabkan COVID-19, karena ditemukan baru-baru ini," kata Duffy. "Jadi para ilmuwan berasumsi bahwa apa yang bekerja melawan virus corona lain dapat bekerja melawan yang ini."

Schaffner berkata, “Setiap bahan kimia desinfektan memiliki instruksi spesifiknya sendiri. Tetapi aturan umum yang penting adalah bahwa Anda tidak harus segera menghapus larutan pembersih segera setelah Anda menerapkannya pada permukaan. Biarkan saja cukup lama untuk membunuh virus terlebih dahulu. ”

Pedoman disinfektan umum:
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS merekomendasikan desinfeksi setiap hari untuk permukaan yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu, sakelar lampu, countertop, telepon, keyboard, toilet, keran, dan bak air. CDC juga merekomendasikan penggunaan deterjen atau sabun dan air pada permukaan yang kotor sebelum disinfeksi.

Jika seseorang di rumah Anda sakit dengan gejala mirip flu, pertimbangkan untuk mendisinfeksi objek secara rutin di rumah Anda karena SARS-CoV-2 terbukti bertahan selama 16 jam dengan plastik.
Apa pun larutan pembersih yang Anda gunakan, biarkan tetap bersentuhan dengan permukaan cukup lama untuk membunuh virus dan patogen lainnya. Waktu yang dibutuhkan akan tergantung pada bahan kimianya.

Jangan menggunakan bahan pembersih yang berbeda secara bersamaan. Beberapa bahan kimia rumah tangga, jika dicampur, dapat menciptakan gas berbahaya dan beracun.

Pemutih:
Pemutih dapat diencerkan dengan air dingin untuk membuat desinfektan yang efektif terhadap bakteri, jamur dan banyak virus termasuk coronavirus. Anda biasanya dapat menggunakan ¼ gelas pemutih per 1 galon air dingin - tetapi pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label pemutih Anda. Buat larutan pemutih encer sesuai kebutuhan dan gunakan dalam waktu 24 jam, karena kemampuan disinfeksinya memudar seiring waktu. Barang-barang yang tidak keropos seperti mainan plastik dapat direndam dalam pemutih selama 30 detik. Permukaan rumah tangga yang tidak akan rusak oleh pemutih harus mendapatkan 10 menit atau lebih. Larutan pemutih sangat keras pada kulit, dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti cuci tangan dan / atau pembersih tangan.

Alkohol:
Alkohol dmempunyai banyak jenis, termasuk alkohol gosok, bisa efektif untuk membunuh banyak patogen. Anda dapat mengencerkan alkohol dengan air (atau lidah buaya untuk membuat pembersih tangan) tetapi pastikan untuk menjaga konsentrasi alkohol sekitar 70% untuk membunuh virus corona. Banyak pembersih tangan memiliki konsentrasi sekitar 60% alkohol, dan Lysol mengandung sekitar 80%; ini semua efektif melawan virus corona. Solusi alkohol 70% harus dibiarkan dipermukaan selama 30 detik (termasuk ponsel - tetapi periksa saran dari produsen ponsel untuk memastikan Anda tidak membatalkan garansi) untuk memastikan mereka akan membunuh virus. 

Alkohol murni (100%) menguap terlalu cepat untuk kegiatan ini. Wadah alkohol 70% harus ditutup untuk mencegah penguapan. Larutan alkohol 70% dengan air akan sangat keras di tangan Anda dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti untuk mencuci tangan dan / atau pembersih tangan.

Hidrogen peroksida :
Hidrogen peroksida biasanya dijual dalam konsentrasi sekitar 3%. Ini dapat digunakan apa adanya, atau diencerkan dengan konsentrasi 0,5% untuk penggunaan yang efektif terhadap virus corona pada permukaan barang. 

Bahan kimia alami (cuka atau minyak)
Cuka, minyak pohon teh dan produk alami lainnya tidak dianjurkan untuk memerangi virus korona. Sebuah studi tentang virus influenza menemukan bahwa membersihkan dengan larutan cuka malt 10% efektif, tetapi beberapa penelitian lain menemukan cuka mampu membunuh sebagian besar virus atau mikroba lainnya. Sementara minyak pohon teh dapat membantu mengendalikan virus yang menyebabkan luka dingin, tidak ada bukti bahwa itu dapat membunuh virus corona.

Semoga beberapa tips diatas bisa membantu anda dalam mencegah penularan virus corona yang telah meresahkan manusia hampir di seluruh Negara. Selalu menjaga kebersihan rumah merupakan upaya agar virus corona tidak mudah masuk kedalam rumah. 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post