Wisata terbaik di Konawe Kepulauan (wawonii)

Pulau Wawonii merupakan kabupaten yang mempunyai banyak potensi wisata, dari wisata bahari, wisata minat khusus, ataupun wisata kuliner. Hasil penjelajahan kami di pulau wawonii, januari 2019, kami berkesimpulan bahwa potensi pariwisata di wawonii bisa mendatangkan wisatawan manca Negara/domestic serta bisa bersaing dengan wisata lainnya di sultra. Masing masing destinasi mempunyai karakter yang sangat unik dan khas, saat orang orang membicarakan pulau wawonii, yang terpintas adalah pariwisatanya. Berikut empat destinasi terbaik di kabupaten konawe kepulauan. 
1. Goa Moliuano
Goa Moliuano

Goa ini berada di desa  Labeau, Kec. Wawonii Utara.
Bagi pencinta petualangan, tempat ini sangat cocok untuk anda, menelusuri sungai, mendaki bukit bukit serta tebing yang bisa dijumpai di sepanjang perjalanan. Tracking selama sejam dengan jarak 3 KM dari perkebunan warga. Yang unik dari goa ini adalah air yang mengaliri persawahan warga, keluar dari Mulut goa, selain bentuknya, mata air yang berasal dari dalam gua juga dimanfaatkan oleh habitat lainnya, seperti udang, ikan, dan kelelawar. Semua Ornament dalam goa ini masih terjaga, menandakan vegetasi hutan disekitarnya masih sehat.  

2. Batu Belah.
Batu belah Tanjubg batu

Spot ini berada di desa tanjung batu, Kec. Wawonii barat.
Dari langara anda hanya membutuhkan waktu selama 15 menit untuk sampai dilokasi. Berada dipinggir jalan lingkar, sehingga spot ini sangat mudah untuk dijangkau. Batu belah ini hamper mirip dengan batu belah yang ada di lasalimu kab. buton, dan airnya yang biru mirip dengan danau biru kolaka utara. Namun yang berbeda, batu belah ini melewati sebuah goa yang diatasnya merupakan jalan utama. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini, saat air sedang pasang dan disaat siang hari.  

3. Air terjun Tumburano
Air Terjun Tumburano

Air Terjun Tumburano berlokasi di Desa Lansilowo, Kecamatan Wawonii Utara.
Dari desa lansilowo, berjarak 7 KM dengan waktu normal 10 menit menggunakan kendaraan, dilanjutkan tracking melewati sungai, perkebunan dan anak tangga. Fasilitas yang ada sampai saat ini (januari 2019) berupa gazebo dan wc. 
Air terjun yang tinggi 120 meter ini dengan 3 tingkatan merupakan air terjun tertinggi di Sulawesi tenggara. Sumber airnya tidak dari aliran sungai, melainkan berasal dari mata air diatas air terjun. Mata air inilah yang secara perlahan membentuk permukaan air terjun dengan zat kapurnya yang tinggi. 

Baca Juga :

4. Pantai Kampa
Pantai Kampa

Pantai ini berlokasi di desa Wawobili, Kecamatan Wawonii Barat.  Pantai Kampa menjadi salah satu tempat wisata andalan di Pulau Wawonii. Hamparan pasir putih yang indah dan air jernih, ditambah pohon kelapa tumbuh melimpah di dekat pantai, menjadikan pantai kampa ramai dikunjungi wisatawan lokal dan domestik. 

Cek videonya disini