Home » » World Cleanup Day Indonesia Sulawesi Tenggara 2018

World Cleanup Day Indonesia Sulawesi Tenggara 2018

Written By Admin on Kamis, 24 Mei 2018 | Mei 24, 2018



Informasi dari Menko Maritim pada tahun 2017, Indonesia masih menjadi menempati posisi ke-2 di dunia setelah Cina dalam hal penyumbang sampah. Hal ini bukanlah suatu prestasi yang patut dibanggkan, melainkan menjadi sebuah ancaman, sebab sampah tidak hanya berdampak di lingkungan hidup, namun juga pada sektor ekonomi, kesehatan, pariwisata dan dampaknya pada generasi mendatang. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan bahwa total sampah di Indonesia mencapai 187,2 juta/tahun dan pada tahun 2018 ini Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (LB3) menyampaikan target pengurangan sampah di Indonesia sejumlah 15%.

Apa itu World Cleanup Day?
WCD adalah aksi bersih-bersih Se-dunia ini diinisiasi Let’s Do It World (www.letsdoitworld.org) dengan melibatkan 380 Juta penduduk dari 150 negara (5 % populasi di bumi). Gerakan ini pertama kali diinisiasi di Estonia pada tahun 2008. Saat ini ada 128 negara sudah bergabung dari target 150 negara termasuk Indonesia (34 Provinsi).


Penggerak WCD di Sultra?
Core team WCD Sultra merupakan gabungan masyarakat yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di provinsi Sulawesi tenggara, terdiri dari:
Leaders Provinsi
General Secretary
Leaders Kabupaten/Kota
Divisi Volunteer Coordinator
Divisi IT & Mapping
Divisi PR & Marketing
Divisi Logistik
Divisi Event Management

Goals:
125.000 masyarakat sultra terlibat dalam acara cleanup 15 september 2018 Jaringan leaders nasional dan daerah di Indonesia yang aktif mengkampanyekan isu sampah Pemetaan sampah disultra menggunakan app World Cleanup 13 Rekomendasi menuju #IndonesiaBebasSampah2020 Lahirnya upaya berkelanjutan dari aksi WCD

Tugas dari leader?
adalah setiap leader didaerah melakukan gathering komunitas dan media lokal untuk melakukan campaign acara cleanup 15 september 2018. Komunitas itu termasuk organisasi, sekolah, kampus, dll. Selain itu leader harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah karena kegiatan ini bersifat volunteer. Jadi bagaimana leader bisa mencari bantuan untuk kebutuhan saat acara. Dan leader bertanggung jawab untuk mengkoordinir jalannya acara cleanup didaerahnya.

Core team provinsi sulawesi tenggara :

Leader : Derick dan Chiwang
General Secretary : Mada
Koor. Div. Volunteer Coordinator : Iyan
Koor. Div. IT & Mapping : Asep
Koor. Div. PR & Marketing : Iin
Koor. Div. Logistik : K Ihar
Koor. Div. Event Management : Gina



Open Recruitment Tim Inti World Cleanup Day 2018 Sulawesi Tenggara
World Cleanup Day adalah aksi bersih-bersih yang dilakukan secara serentak oleh 150 negara dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Melibatkan 380 juta penduduk dari seluruh dunia dalam aksi bersih-bersih yang bersejarah ini.

Ayo jadi bagian dari aksi bersih-bersih massal se-Indonesia dan Dunia! Kami mencari relawan yang akan bekerjasama dengan tim inti sebagai berikut:

1. Divisi Volunteer Coordinator
2. Divisi IT & Mapping
3. Divisi PR & Marketing
4. Divisi Logistik
5. Divisi Event Management

Pendaftaran : 
isi form disini atau kunjungi akun instagram @wcdid_sultra
Pendaftaran sampai tanggal 27 Mei 2018.

Kontak kami di:
085394147195 / 085398804888 (Whatsapp)

Yuk #JadiRelawan untuk Indonesia yang lebih bersih! 
#WorldCleanUpDay #WorldCleanUpDayIndonesia #Kami13Juta #SulawesiTenggara #IndonesiaBebasSampah2020

0 komentar: