5 Perbedaan Pulau Labengki & Pulau Sombori

Lokasi
Secara geografis keberadaan pulau ini sangat berdekatan, yang merupakan perbatasan antara sulawesi tenggara dan sulawesi tengah.
Labengki berada di desa labengki Kec. Lasolo Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.
Sombori berada di desa mbokita kec. Menui Kepulauan, Kab. Morowali Sulawesi tengah.

Kawasan Pulau
pulau labengki terdiri dari labengki kecil ( pemukiman bajo ),labengki besar, pulau boe,  pulau mapara dan beberapa pulau pulau kecil yang terpisah.
Pulau sombori memiliki lebih banyak hamparan pulau, yang terdiri dari pulau balobah, pulau tarape, pulau pandat, pulau harapan, pulau kokoh, pulau kayangan, pulau ambokita (pemukiman bajo), pulau sombori dan pulau marege.

Danau
Dipulau labengki, anda akan mendapatkan 5 danau yang berukuran besar dan kecil. Sedangkan di pulau sombori terdapat 16 titik danau yang terhampar dihampir setiap pulau pulau.

Biaya Konstribusi
Sama dengan wisata lainnya di Indonesia, Untuk memasuki lokasi wisata, anda harus menyiapkan biaya tiket masuk atau konstribusi sesuai peraturan masing masing pengelolah wisata. di pulau Labengki sendiri tidak dipungut biaya masuk sepeserpun, alias gratis. Anda bisa berkeliling sepuasnya disemua kawasan labengki. Beda cerita dengan pulau sombori, jika anda masuk ke kawasan ini, anda harus membayar konstribusi masuk Rp. 20.000/orang, ditambah biaya wajib guide lokal Rp. 200.000/tim + biaya Rp. 20.000/kapal yang anda gunakan.

Fasilitas
Sampai sekarang fasilitas untuk pengunjung dipulau labengki, belum ada sama sekali. Dari WC umum, penyewaan alat snorkling/alat dive, dan air bersih. Balai desa yang ada sekarang juga sangat memprihatinkan keadaannya. Untuk di pulau sombori, beberapa fasilitas umum telah ada dan layak digunakan. Seperti WC umum, balai desa dan kapal sewa. Namun WC umum yang ada disini, masih menarik tarif dari pengunjung sebesar Rp. 5.000.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments